Sunday, April 24, 2011

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA - MENENTUKAN PH LARUTAN


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Asam dan basa merupakan dua golongan zat kimia yang sangat penting. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal berbagai zat yang kita golongkan sebagai asam, misal asam cuka, asam sitrun, dll. Kita juga mengenal berbagai zat yang kita golongkan sebagai basa, misalnya kapur sirih, air soda, air sabun dll. Berkaitan dengan sifat asam dan basa, larutan diklompokkan dalam tiga golongan yaitu bersifat asam, basa dan netral.
Sifat asam-basa dari suatu larutan juga dapat ditunjukkan dengan mengukur pH nya. pH adalah suatu parameter yangdigunakan untuk menyatakan tingkat keasaman larutan. Larutan asam mempunyai pH lebih kecil dari 7. Larutan basa mempunyai pH lebih besar dari 7. Sedangkan larutan netral mempunyai ph = 7.
Mempelajari cara menentukan pH dan sifat larutan sangat penting untuk mengetahui apakah larutan itu asam ataupun basa. Biasanya cara yang digunakan untuk menentukan sifat dan pH larutan adalah dengan menggunakan kertas lakmus, larutan phenol ptalin, brom timol, vetil merah, serta metil oranye.

Ingin lebih lengkap?
klik download dibawah ini



Artikel Terkait:

2 comments:

RIYAN DWI PRASETYAWAN said...

bagus gan
thanks segera di download
kunjungi blog ane
"soal untuk semua"
http://renggaarta.blogspot.com/

hapehatelo said...

@RIYAN DWI PRASETYAWAN sama sama gan. jangan lipa klik iklannya ya

Post a Comment


Jadilah pembaca yang bermartabat dengan memberikan komentar yang santun, indah di pandang dan sesuai dengan norma yang baik serta sesuai dengan apa yang ada di postingan.
Kriteria Komentar yang di tampilkan:
1. Bukan Komentar Spam
2. Komentar tidak sesuai dengan isi artikel
3. Menyisipkan Link/url baik itu blog/web pada komentar
4. Jika ingin copas, sertakan sumber