Sunday, December 25, 2011

Kenapa Komputer Sering Restart Sendiri?

komputer yang mati dan hidup kembali (me-restart) dengan sendiri adalah hal yang banyak ditemui oleh para penggunna komputer. Hal tersebut bisa mengganggu pekerjaan. Dokumen yang belum selesai dikerjakan pun terkadang hilang tak tersimpan dan harus memulai lagi dari awal.

Walaupun sedikit menjengkelkan, hal tersebut sebenarnya bisa kita atasi. Caranya ialah dengan menganalisa terlebih dahulu apa penyebabnya. Karena kalau dibiarkan akan mengganggu pekerjaan kita bahkan bisa merusak komputer.

Diantara penyebab komputer suka me-restart sendiri ialah:

1. Temperatur prossesor yang terlalu panas. Coba cek kipas pendingin prosessor apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan pula motherboard bersih dari debu. Cek pula kipas pendingin pada power suplay. Kalau perlu tambahakan kipas pendingin CPU untuk menjaga kestabilan temperature CPU, termasuk prossesor.

2. Memory RAM bermasalah. Jika komputer anda menggunakan 2 buah RAM atau lebih, maka cobalah gunakan dulu satu persatu untuk mengeceknya. Kalau misalkan memory yang bermasalah terpasang, maka akan keluar suara peringatan dari CPU dan pada layar tidak akan tampil apapun.

Kedua penyebab diatas adalah faktor yang sering ditemui. Tapi kemungkinan ada hal lain yang bisa membuat komputer merestart sendiri. Silahkan ditunggu sharingnya bagi anda yang punya pengalaman atau ilmu lainnya seputar masalah ini. Terima kasih.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment


Jadilah pembaca yang bermartabat dengan memberikan komentar yang santun, indah di pandang dan sesuai dengan norma yang baik serta sesuai dengan apa yang ada di postingan.
Kriteria Komentar yang di tampilkan:
1. Bukan Komentar Spam
2. Komentar tidak sesuai dengan isi artikel
3. Menyisipkan Link/url baik itu blog/web pada komentar
4. Jika ingin copas, sertakan sumber